Tuesday, May 25, 2010

BANGSAL

BANGSAL
..Sebuah Peringatan Hari Kebangkitan Nasional..

Tanggal 20 Mei lalu seperti yang kita tahu diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Mengambil momen ini, teman-teman dari PMKAJ-US (Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta–Unit Selatan) mengadakan sebuah acara untuk memperingati hari Kebangkitan Nasional. Acara ini dinamakan BANGSAL, yang merupakan singkatan dari Kebangkitan Nasional. Pelaksanaannya dimulai dari tanggal 21 Mei-22 Mei 2010 (Jumat-Sabtu), bertempat di Wisma Sahabat Yesus (SY) dan mengambil tema “Jejak Langkah Kebangkitan Negeriku”.

Acara ini adalah acara perdana dalam program kerja PMKAJ-US. Teman-teman PMKAJ-US sepakat dengan bersemangat untuk membuat acara ini menjadi acara yang menarik. Ide mengenai acara ini berawal dari sebuah keprihatinan mengenai minimnya pengetahuan dan perhatian mahasiswa terhadap sejarah Kebangkitan Nasional Indonesia. Hal ini sangat ironis mengingat pada masa kebangkitan, cendekiawan muda adalah kunci utama penggerak emansipasi bangsa. Tapi kini, mahasiswa sebagai aktor penerus, sering luput akan tugas yang telah dititipkan oleh pendahulunya. Mahasiswa terlalu sibuk dengan tugas-tugas kuliahnya. Ilmu yang selama ini dienyamnya di kampus seakan-akan hanya menjadi modal kemuliaannya pribadi di masa depan dan bukan untuk kemuliaan bangsa negaranya. Kegiatan ini berupaya mengajak mahasiswa untuk kembali belajar sejarah, layaknya ketika mereka duduk di Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Ketika mereka, sebagai siswa mengingat betul bagaimana pahlawan-pahlawan nasional mengupayakan kebangkitan pemuda demi Indonesia.

Untuk semakin menambah rasa memori masa lalu, dekorasinya pun dibuat seperti jaman dahulu. Mulai dari peralatan elektronik jaman dulu, mesin tik, topi caping, hingga tempat-tempat tidur pasien yang ditata menyerupai bangsal-bangsal pada jaman perang. Bahkan disediakan jajanan-jajanan yang merupakan kue khas Indonesia, seperti kue cucur, kue lapis, kue bolu kukus, kue putu ayu, kue pukis, dll. Sungguh menarik! Benar-benar membangkitkan rasa nasionalisme kita!

Acara ini dibuka dengan nyanyian menggunakan bahasa Jawa, lalu kata sambutan dari Widha (UI’07) selaku ketua panitia,kemudian Atha sebagai Koordinator PMKAJ-US (UI’06) dan Rm. Markus Yumartana, SJ selaku Pastor Moderator Unit Selatan. Tak lupa pula dengan penuh khidmat menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Walaupun hujan deras sempat melanda, acara tetap berjalan dengan waktu yang sedikit bergeser dari rencana. Peserta yang mencapai kurang lebih 50 mahasiswa dari berbagai kampus seperti UI (Universitas Indonesia), Gunadarma, PNJ (Politeknik Negri Jakarta), ITI (Institut Teknologi Indonesia), UNJ (Universitas Negri Jakarta),IISIP ( Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik),dll, ikut meramaikan acara serta turut menjadi peserta lomba-lomba yang diadakan dalam acara ini. Lomba-lomba tersebut antara lain lomba Cerdas Cermat yang dimenangkan tim dari UI, Lomba Orasi yang dimenangkan oleh ITI, Lomba Essay yang mengambil 3 tema: Menghargai Sejarah, Memajukan Bangsa, Peran Mahasiswa Sebagai Penerus Cita-Cita Bangsa, dan Kebangkitan Nasional Indonesia dalam Era Globalisasi. Lomba essay dimenangkan oleh UI. Ada juga lomba lukis yang dimenangkan UNJ dan fotografi yang dimenangkan ITI. Tema lukisan dan foto disamakan dengan tema besar acara. Ada juga pemenang kategori best dressnya lho, karena baik panitia maupun peserta menggunakan dresscode atau kostum betema nasional atau perjuangan. Dan pemenang best dress-nya adalah peserta dari ITI (Liverto). Semua final lomba diadakan pada hari Sabtu dan acara ditutup dengan menyanyikan lagu-lagu nasional dengan penuh semangat.

Acara ini sungguh memberi inspirasi bagi kita. Acara ini diharapkan dapat menjadi suatu langkah yang baik untuk kita khususnya kaum muda, dalam mengisi kemerdekaan yang telah diberikan para pendahulu kita. Semoga semangat kaum muda pada masa perjuangan menjadi semangat kita pula kaum muda masa kini, dalam membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Bangkitlah Indonesiaku!!




_Della N._HPD BANGSAL_

No comments: