Saturday, September 20, 2008

Metode Riset

TUGAS METODE RISET

(Dosen: Prihantoro, Dr.)

Ø Judul Jurnal: PENGARUH TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALTY PADA

KONSUMEN AIR MINUM AQUA DI KOTA DENPASAR

Ø Alamat jurnal: http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/riana.pdf

Ø Nama Pengarang : Gede Riana

Jurusan Manajemen

Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana, Denpasar

BULETIN STUDI EKONOMI Volume 13 Nomor 2 Tahun 2008

Analisis Jurnal :

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mempelajari secara empirik pengaruh dari variabel trust in a brand yang meliputi brand characteristic, company characteristic, dan consumer – brand characteristic terhadap brand loyalty. Karena loyalitas merek (brand loyalty) merupakan suatu konsep yang sangat penting dalam strategi pemasaran. Keberadaan konsumen yang loyal pada merek sangat diperlukan agar perusahaan dapat bertahan hidup.

Merek yang diteliti adalah merek air minum Aqua, yang respondennya diambil dari para pengguna air minum Aqua yang ada di Kota Denpasar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama dan parsial variabel trust in a brand berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty. Pengaruh variabel trust in a brand terhadap brand loyalty adalah sebesar 0,971 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Sebaliknya, secara parsial pengaruh variabel trust in a brand adalah sebagai berikut. Pertama brand characteristic berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar 0,668 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000, di mana brand characteristic berpengaruh dominan terhadap brand loyalty.

Company characteristic mempunyai pengaruh signifikan terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar 0,224 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Consumer – brand characteristic juga berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar 0,165 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000.

Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam upaya meningkatkan loyalitas merek, pihak perusahaan harus senantiasa meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Brand characteristik sebagai salah satu variabel yang berpengaruh dominan harus tetap dapat dikendalikan secara langsung oleh perusahaan.

Topik: Kesetiaan konsumen air mineral terhadap merek air mineral tertentu.

Oleh: Della Natalia/3EA01/10206218

Alamat Blog: http://ovendace.blogspot.com/