Sunday, December 21, 2008

Proposal Penelitian

Tema Penelitian:
Kepuasan Konsumen

Judul Penelitian:
“Pengaruh Kegiatan Promosi terhadap Kepuasan dan Peningkatan Jumlah Pelanggan Pada Restoran Steak& Ribs Kenyot Corp.”


I. LATAR BELAKANG


Sekarang ini banyak terdapat produk, baik berupa barang maupun jasa yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, dalam memperkenalkan produk tersebut bagian yang paling penting adalah bagaimana melakukan pemasaran produk tersebut dengan baik agar produk tersebut dapat dikenal dan menjadi tujuan konsumen untuk dikonsumsi. Program promosi merupakan saluran primer bagi komunikasi pesan kepada konsumen baik konsumen yang ada maupun nasabah potensial ( Stanton, 1996). Hal ini menuntut pihak penyedia jasa untuk mencermati strategi-strategi yang tepat dalam memasarkan produk dan jasa mereka. Karena konsumen dapat mengenal produk ataupun jasa suatu penyedia melalui sistem pemasaran yang berhasil telah dilakukan oleh penyedia jasa dan produk tersebut.
Dalam menilai keberhasilan pemasaran dapt dilihat dari perilaku konsumen atas kepuasan terhadap pelayanan serta promosi yang dilakukan oleh penyedia jasa dan produk.
Kepuasan konsumen sendiri diartikan sebagai suatu keadaan di mana harapan konsumen terhadap suatu jasa sesuai dengan kenyataan yang diterima oleh konsumen tersebut tentang kemampuan jasa tersebut. Jika jasa tersebut jauh di bawah harapan konsumen maka ia akan kecewa. Sebaliknya jika jasa tersebut memenuhi harapan konsumen, maka ia akan senang. Harapan-harapan konsumen ini dapat diketahui dari pengalaman mereka sendiri saat menggunakan jasa tersebut.



II. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, masalah pokok yang hendak dibahas adalah mengenai:
1. Apakah kegiatan promosi berpengaruh terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan pada restoran Steak&Ribs Kenyot Corp?
2. Apa strategi dan kebijakan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan?


III. TUJUAN PENELITIAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan. Selain itu, melalui hasil penelitian ini, dapat diketahui strategi dan kebijakan yang perlu diambil oleh pihak manajemen restoran untuk meningkatkan jumlah pelanggan.


IV. TINJAUAN PUSTAKA
Pemasaran suatu produk yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada dasarnya mengupayakan agar produk tersebut lebih dekat dengan konsumen.
Salah satu unsur pemasaran yang berpengaruh terhadap perilaku pelanggan restoran adalah paduan pengelolaan produk dan promotion mix (Oktobrino, 2003). Pengelolaan produk lebih menekankan bahwa pelanggan memerlukan jenis-jenis dan fasilitas layanan tertentu, seperti variable kualitas makanan, jenis menu dan sajian makanan, hadiah dan pelayanan. Sedangkan promotion mix adalah variable promosi yang menggunakan kombinasi iklan, sales promotion dan personal selling.
Menurut Juanda (2005) factor yang menjadi pertimbangan utama pelanggan dalam memilih restoran dan café adalah produk, pelayanan, promosi. Produk mencerminkan persepsi nasabah terhadap variasi dan kualitas produk serta jasa yang diberikan oleh restoran serta persepsi kualitas pelayanan para karyawannya sedangkan promosi mencerminkan persepsi pelanggan terhadap kegiatan sales promotion dan personal selling yang dilakukan.


V. METODE PENELITIAN

V.I Model
Penelitian ini menggunakan model deskriptif, yaitu model yang menggambarkan variable independent ataupun dependent.

V.II Objek Penelitian
Objek penelitian dari penelitian ini adalah kegiatan promosi yang dilakukan restoran Steak&Ribs Kenyot Corp terhadap para konsumen.

V.III Subyek Penelitian
Pelanggan dan pelayan restoran stek&Ribs Kenyot.

V.IV Data / Variabel
Data diperoleh dari data primer yaitu langsung dari pelanggan.berupa wawancara langsung dan pemberian kuisioner.

V.V Populasi dan Sampel

- Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan dan konsumen potensial restoran Steak&Ribs.

- Sampel
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang diambil secara random atau acak.

V.VI Variabel
- Jenis variasi makanan
- Pelayanan
- Promosi yang dilakukan

V.VII Indikator
- Kepuasan pelanggan
- Jumlah kedatangan pelanggan tetap dan konsumen potensial.


VI. RANCANGAN ANALISIS
Peneliti mengajukan suatu kerangka kerja konseptual di mana unsur promotion mix dihubungkan dengan jumlah kedatangan konsumen.


VII. KESIMPULAN
Promosi akan mempengaruhi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan restoran secara signifikan. Bentuk promosi harus ditingkatkan serta di evaluasi setiap bulan dalam tujuan mempertahankan serta menambah jumlah pelanggan.


Usulan strategi
Manajemen restoran dapat melakukan suatu bentuk promosi yang bervariasi menurut keadaan yang konsumen inginkan, antara lain:

1. Pada akhir bulan dan pada hari-hari besar atau khusus, manajemen memberikan diskon kepada pelanggannya.
2. Menu baru yang disajikan berbeda setiap bulan serta tersedia pula menu paket.

3. Tema menu yang berubah atau tema restoran.
4. Dekorasi ruangan sesuai hari-hari special ( tahun baru, valentine).

5. Membuat kartu pelanggan yang memiliki banyak diskon-diskon khusus
6. Pelatihan khusus kepada pelayan restoran.