Saturday, November 8, 2008

TUGAS METODE RISET
(Dosen: Prihantoro, Dr.)


Judul Jurnal: Brand Sebagai Kekuatan Perusahaan Dalam Persaingan Global


Alamat jurnal: http://


Nama Pengarang : Yussy Santoso dan Ronnie Resdianto
September, 2007


Analisis Jurnal :
Telah banyak industri yang berkembang pesat, baik sebelum dan sesudah era globalisasi.. Pada masa sekarang ini, perusahaan harus memikirkan tentang produksi, keuangan, operasi, manajemen sumber daya dan pemasaran. Sangat penting bagi perusahaan untuk memasarkan produk mereka kepada konsumen. Bauran pemasaran terdiri dari : product, place, price, promotion. Salah satu dari bauran produk adalah merek atau Brand. Brand adalah salah satu kekuatan perusahaan dalam persaingan global. Dalam jurnal ini, Brand menjelaskan tentang : Positioning-Differentiate-Brand Theory, Brand Communication, Brang Equity, Strategy Brang Management.
Cara untuk mengetahui ukuran ekuitas merek adalah dengan menggunakan teknik statistic. Melalui pendekatan statistic dan mencari beberapa unsur atau atribut pembentuk ekuitas. Hasilnya adalah ekuitas merek akan mempengaruhi nilai perusahaan.



Topik: Kesetiaan konsumen terhadap suatu merek tertentu.





Oleh: Della Natalia/3EA01/10206218
TUGAS METODE RISET
(Dosen: Prihantoro, Dr.)


Judul Jurnal: Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetian Merek (Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya)

Alamat jurnal: http://paul02583.files.wordpress.com/2008/05/man05070105.pdf


Nama Pengarang : Hatane Samuel Foedjiawati
Staf Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Surabaya


Analisis Jurnal :

Penelitian Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Kesetiaan Merek pada Restoran the Prime Steak & Ribs, kepuasan konsumen diukur melalui Attributes related to the product, Attributes related to the service, Attributes related to the purchase, kesetiaan merek diukur melalui habitual behaviour, switching cost, satisfaction, liking of the brand, dan commitment.
Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan konklusif, yang tujuannya untuk mendeskripsikan atribut-atribut kepuasan konsumen dan kesetian merek, kemudian dicari hubungan kausal antara kepuasan konsumen dengan kesetian merek tersebut.
Variabel tidak bebas (Y) adalah kesetiaan merek yang diukur melalui atribut, habitual behaviour, switching cost, liking of the brand, dan commitment. Variabel bebas (X) adalah kepuasan konsumen yang dikelompokkan menjadi X1 = Attributes related to the product, X2 = Attributes related to the service, X3 = Attributes related to the purchase.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kepuasan konsumen di The Prime Steak & Ribs mendapat penilaian yang cenderung baik, beberapa atribut masih mempunyai variasi penilaian yang tinggi, dan terdapat hubungan pengaruh positip yang signifikan antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek, dengan demikian hasil penelitian mendukung konsep teori tentang kesetiaan merek.


Topik: Kesetiaan konsumen terhadap merek tertentu.





Oleh: Della Natalia/3EA01/10206218